Media Pembelajaran Dasar-Dasar Pemrograman Dengan Java (Bagian II)

Table of Contents
Sebagai kelanjutan posting sebelumnya Media Pembelajaran Dasar-Dasar Pemrograman Dengan Java (Bagian I), maka saya akan meneruskan penjelasan program akhir mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak mengenai pembuatan media pembelajaran untuk dasar-dasar pemrograman dengan java, bukan dengan flash seperti pada umumnya. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, materi dasar-dasar pemrograman yang ada dalam media pembelajaran hanya dibatasi satu bab, yaitu menjelaskan Input Keyboard dan Struktur Kontrol.  Bagian I dulu menjelaskan mengenai pengantar pembuatan media pembelajaran dan proses pembuatan media pembelajaran hingga penjelasan menu utama. 

Nah, untuk postingan kali ini saya akan menjelaskan isi dari salah satu menu utama, yaitu isi dari menu materi, bila teman-teman ada yang penasaran bagaimana tampilan menu utama hingga kumpulan icon-iconnya, kunjungi postingan sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa isi menu materi ini menggambarkan inti dari seluruh program, karena sejatinya media pembelajaran adalah menjelaskan berbagai materi berbentuk digital sebagai pengganti buku ajar manual.

Tampilan pada menu materi adalah sebagai berikut      

Tampilan Sub Menu Utama untuk materi Input Keyboard. 
Didalamnya ada beberapa icon dan penjelasan tentang materi apa yang ditampung didalamnya.  Bagian bawah lingkaran putih ada tanda panah ke kanan, menggambarkan icon untuk masuk halaman materi berikutnya. Yaitu Struktur Kontrol. 


Tampilan Materi BufferedReader


Tampilan Materi JOptionPane


Tampilan Materi Input Scanner


Tampilan Sub Menu Materi untuk Struktur Kontrol. 
Didalamnya ada beberapa icon materi dan penjelasan judul materinya. 


Tampilan Materi Statemen IF


Tampilan Materi Statement If-Else


Tampilan Materi Statement If-Else-IF


Tampilan Materi Statemen Switch


Demikianlah seluruh tampilan yang ada dalam bab materi, yakni poin penting dari media pembelajaran. Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran adalah adanya latihan soal dan soal evaluasi untuk menilai sejauh mana kemampuan user memahami materi. Nantikan kelanjutannya di postingan bagian III dan IV. 

Terima kasih sobat, semoga bermanfaat. (^_^) 

Posted By 





5 comments

Terima kasih telah mampir di blog kami. Jika ingin menghubungi penulis, silakan kirim pesan via email di kitainformatika@gmail.com atau via WA di 087750503014. Jika mood penulis lagi baik, biasanya fast respon.
Comment Author Avatar
September 22, 2015 at 7:52 PM Delete
Mantap gan, gan saya buta java. saya mau belajar membuat media simulasi pembelajaran kimia seperti Phet Fisika/kimia. aplikasi apa saja ya yang di butuhkan selain java JDK dan Netbeans. Tq gan.
Comment Author Avatar
September 23, 2015 at 5:05 AM Delete
Apakah media pembelajaran yang akan di buat berbasis Java juga gan ... ? Jika iya, JDK sama netbeans itu sudah cukup gan, saya membuat aplikasi diatas hanya bermodalkan dua perangkat itu. Jika kesulitan dalam java, saran saya mending menggunakan flash gan, karena dapat dikembangkan secara lebih interaktif..
Comment Author Avatar
November 28, 2016 at 11:38 AM Delete
buat nampilin materi (text+gambar) nya itu pake pallete netbeans apa nggeh...
Comment Author Avatar
December 19, 2016 at 10:01 PM Delete
Gi mana sih caranya supaya kalau kita buat suatu program tu menggunakan statment perulangan dan percabangan
Comment Author Avatar
December 19, 2016 at 10:22 PM Delete
Ya belajar ngoding ... nanti tahu sendiri